Wednesday, January 6, 2016

STAR WARS: THE FORCE AWAKENS (2015)

Pertengahan Desember lalu pecinta film Indonesia dan penggemar Star Wars pada khususnya dimanjakan dengan kemunculan film ketujuh dari serial Star Wars. Film yang disutradarai oleh J. J. Abrams ini sukses menyedot perhatian penonton. Dan dalam film berjudul Star Wars: The Force Awakens ini, Abrams menggaet 2 aktor Indonesia jebolan The Raid untuk turut serta mengadu akting bersama aktor Hollywood lainnya.

Sebagai penonton yang bukan penggemar serial Star Wars, saya merasa cukup terhibur dengan karya yang disajikan oleh Abrams. Film berdurasi 135 menit ini ini banyak menyajikan lawakan-lawakan renyah yang pas di beberapa scenes. Lawakan ini merupakan bonus yang diberikan sang sutradara untuk membuat mata penonton tetap menatap layar.


Dari sisi cerita, film ini sangat mudah dipahami. Sebuah prolog tentang cerita terdahulu di awal film membantu penonton yang tidak mengikuti seri-seri terdahulunya untuk dapat memahami jalan ceritanya. Satu menit kemudian, penonton tidak perlu lagi memikirkan seperti apa jalan film sebelumnya karena film ini berdiri sendiri. Penonton tidak akan dibuat bingung oleh adegan-adegan yang disajikan oleh Abrams. Hal ini sangat berbeda jika Anda menyaksikan film keluaran Marvel di mana antara satu film saling berkaitan dengan film lain. Keterkaitan ini seperti kepingan-kepingan puzzle yang harus dirangkai oleh penonton untuk memahami cerita secara utuh.

Dari sisi sinematografi, film ini memiliki banyak sekali scenes yang bagus. Terlihat jelas bahwa sutradara menggarap film ini dengan sangat serius. Sayangnya, Anda tidak akan mendapatkan banyak pop-up scene jika ditonton dalam versi 3D. Tetapi hal itu tidak memengaruhi kualitas film.


Berbicara mengenai kemunculan 2 aktor besar Indonesia, hal ini justru membuat saya miris. Adegan yang didapatkan oleh Iko Uwais dan Yayan Ruhian sangat sedikit. Bahkan jika scene tersebut dihilangkan, hal itu tidak akan berpengaruh besar pada jalannya cerita.

Berlanjut ke akhir cerita, menurut saya film ini ditutup dengan adegan yang anti klimaks dan terkesan menggantung. Setelah sutradara menyajikan pertempuran di luar angkasa yang sangat epic, akhir seperti itu seolah mengurangi kesan yang sudah di dapat penonton dari scene sebelumnya.


Secara keseluruhan, film ini menghibur dan layak untuk ditonton. Skor untuk film ini sebesar 8/ 10.

No comments:

Post a Comment